Payangan, Gianyar Melasti.

Payangan Melasti

Payangan, ada yang berbeda di payangan, biasanya pada umumnya di Bali melakukan upacara Melasti di sasih kesanga tepatnya sebelum hari raya Nyepi dan di laksanakan  di pesisir pantai, seprti di pantai Sanur, pantai purnama Gianyar pantai masceti Gianyar, dan pantai lainnya. Namun berbeda dengan di payangan, payangan memiliki tempat Melasti sendiri, dan bukan di pantai atau pesisir.

Payangan berbrda dengan wilayah lainnya tentang Melasti, beberapa tahun yang lalu pernah di ubah jadwal melasti yaitu di laksanakan sebelum hari raya Nyepi, namun lagi di ubah lagi menjadi di purnama kedasa kendati demikian, melasti memiliki makna yang sama yaitu pmbersihan/penyucian kepada tapakan Ida betara masing-masing di seluruh Bali. Khususnya di awal tahun caka (tahun baru umat Hindu)

Sekha batel anak-anak Banjar Susut payangan. 

Batel anak-anak
Sekha batel anak-anak Banjar Susut payangan Gianyar di acara Melasti sekecamatan  payangan

Batel merupakan salah satu gamelan yang yang sangat sederhana yang di gunakan untuk ngiring Ida betara dari desa pekeraman susut Payangan Gianyar, gong batel ini adalah gong duwe ( milik Ida betara) yang biasanya di mainkan oleh orang dewasa namun kini terlihat unik yang di mainkan oleh anak-anak.

Masyarakat desa pekeraman susut payangan melasti.
Desa pekeraman susut payangan
Masyarakat desa pekeraman susut Payangan Gianyar ngiring melasti
Masyarakat desa pekeraman susut payangan Gianyar, beserta beberapa desa lainnya ikut serta dalam upacara melMela di payangan Gianyar, upacara keagamaan ini berlangsung dari tahun ke tahun, yang memiliki makna yaitu pembersihan/penyucian Bhuana agung dan Bhuana alit, yang artinya Bhuana agung adalah Alam semesta dan Bhuana alit adalah di dalam diri kita.









0 Response to "Payangan, Gianyar Melasti."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel