Urutan be celeng.

Apakah Anda tahu, gambar apa ini?? Jika belum, coba simak artikel ini sampai habis ya guys..

Ini adalah urutan be celeng, urutan ini terbuat dari, daging babi dan usus Bali sebagai bahan dasar, beserta bumbu Bali sejenis bumbu lawar yang di artikel saya bahas kemarin.

                      
Urutan be celeng.


Urutan be celeng ini biasanya dulu di buat
Di saat masyarakat Bali merayakan hari raya galungan dan kuningan, uruta be celeng ini di buat di satu hari sebelum hari raya galungan, tepatnya di penampahan galungan dan Kuningan,  penampahan adalah persiapan H-1, dari hari raya galungan atau kuningaK tersebut, adapun kegiatan di penampahan galungan tersebut adalah sebagai berikut, 
Antara laki-laki Dan perempuan-perempuan Bali mempunyai tugas masing-masing dalam rangka persiapan hari raya galungan tersebut.  Tugas si perempuan adalah metanding ( mempersiapkan sesajen untuk hari raya besok nya).
Sementara itu laki-laki nya bertugas untuk membuat makanan/memasak seperti bikin lawar, sate serta urutan be celeng. Dan masih banyak lagi tugas yg lain, .


adapun proses pembuatan urutan be celeng tersebut adalah sebagai berikut:
Pertama-tama:
Usus babi yang akan di jadikan urutan tersebut kita cuci dulu sampai bersih.
Kedua, 
Kita buat bumbu Bali, ( basa gede)
Ketiga, 
Kita iris daging babi yang akan di jadikan urutan lalu campurkan dengan basa gede (bumbu Bali) tersebut di dalam sebuah wajan, lalu  sedikit di aduk biar bumbu nya rata. 
Kemudian, usus yang kita bersihkan tadi, di ikat salah satu ujung nya,  lalu masukkan daging babi yang sudah di campur dengan bumbu Bali, kedalam usus babi td, "usahakan biar usus babi nya terisi penuh biar tidak ada angin di dalam usus babi tersebut,  
Kalau sudah selesai masukin daging babi kedalam usus babi tersebut,lalu kita ikat degan tali dari urat kelapa, di ujung yang satu nya.
Kemudian kita jemur di atau di letakkan di atas tungku dapur, kalau punya dapur tradisional, selama kurang lebih dua atau tiga hari, setelah itu, urutan be celeng tersebut di goreng dahulu baru di hidangkan, 
MMM.... Rasanya maknyus......
Selamat mencoba.

Namun seiring berkembangnya zaman, sampai saat ini, urutan juga sudah bisa di dapatkan dimana-mana, khususnya di daerah Bali, mulai dari warung makan, sampai pasar tradisional, atau bahkan di warung pedesaan di sekitar bali sudah bisa kita dapatkan. Urutan memang mempunyai rasa yang sangat luar biasa enak nya. Kalau kalian penasaran akan urutan be celeng di bali tersebut, kalian bisa coba di cari di warung makan khas bali, dan atau pasar tradisional di dekat anda di Bali.
Semoga bermanfaat dan terimakasih.





0 Response to "Urutan be celeng."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel