Wisata kuliner Bali (edisi lawar plek)

Apakah Anda termasuk penggemar wisata kuliner? Jika iya, saya sarankan anda berkunjung ke daerah Sukawati, disana terdapat banyak warung makan yang menjajakan makanan khas Bali, khususnya lawar plek. Lawar merupakan makanan khas daerah Bali yang biasa di buat ketika ada upacara keagamaan, kemanusiaan, dan juga hari spesial, seperti hari raya dan sebagainya. Namun seiring berjalannya waktu, kini lawar di komersial kan oleh masyarakat Bali dan tidak sedikit orang yang membuka usaha seperti warung makan yang khusus menjual makanan, khususnya lawar.

Di Bali terdapat banyak jenis lawar, khususnya yang di komersial kan seperti,
-Lawar be, siap 
-Lawar be celeng.
-Lawar be sampi.
-Lawar plek.

*Lawar be siap. Adalah lawar yang berbahan dasar daging ayam di campur kedalam adonan seperti bumbu Bali lengkap serta sayur dari buah nangka muda, pepaya muda, atau kacang panjang, dan sebagainya,

*Lawar be celeng, adalah lawar yang berbahan dasar daging babi, yang juga di campur ke dalam adonan seperti lawar-lawar yang lainnya termasuk juga,

*Lawar be sampi, yang berbahan dasar dari daging sapi, yang sama proses pembuatan nya yaitu bahan dasar dari daging tersebut dalam keadaan sudah matang di campur kedalam adonan bumbu Bali (basa genep) beserta sayur-sayur yang saya sebutkan tadi, ngomongin tentang "lawar" saya jadi ngiler nih hehe.. saya juga penggemar lawar dan anda bisa dapatkan di warung makan di seluruh Bali khususnya yang menyenangkan lawar.

Upss.. ada yang ketinggalan, yakni,
*Lawar plek. Hmm.. yang ini berbeda, dengan lawar yang saya bahas tadi, "lawar plek"  memang berbahan dasar dari daging babi, namun proses pembuatan nya sangat berbeda, yaitu daging babi yang di campur kedalam adonan tersebut dalam keadaan masih mentah di cincang, beserta kulit babi yang di rebus setengah matang, (kurang lebih seperti itulah gambaran proses pembuatan lawar plek) karena saya bukan pembuat lawar hehe..
Namun rasa dan tekstur dari lawar plek tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Dan hanya bisa ditemukan di daerah Sukawati Gianyar,

Warung makan yang menyediakan lawar plek di daerah Sukawati, yaitu:

*Warung Merta nagy,
 berlokasi di tempekan nagy desa guwang sukawati,
menyediakan: nasi+lawar plek, serapah dan kuah komoh.

*Warung makan pak tompel.
Berlokasi di jalan raya glumpang, Sukawati,Gianyar.
Menyediakan: nasi+lawar plek,kuah komoh, dan serapah. 
Dan masih banyak lagi warung makan yang menyediakan "lawar plek"saya kira hampir semua warung makan di daerah Sukawati menydiakan  lawar plek sebagai menu utama.
Bagaimana? penasaran  bukan??hehe. Daripada penasaran, segera kunjungi warung makan yang menyediakan lawar plek di daerah Sukawati, supaya kalian tahu seperti apa sih lawar plek itu, semoga bermanfaat ya kawan..

0 Response to "Wisata kuliner Bali (edisi lawar plek)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel