Manfaat dari pohon dan daun kelapa di Bali

Kelapa, buah kelapa memang sangat menyegarkan bila di minum di siang hari apalagi buahnya yang masih muda, dijamin dahaga anda akan hilang, di samping itu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, bila airnya di campur dengan sedikit kunyit karena bisa menyembuhkan penyakit di dalam organ tubuh manusia.
Namun anda harus tahu bahwa kelapa memiliki banyak manfaat dari pohon sampai buahnya  bagi orang Bali.
Apakah Anda ingin tahu apa saja manfaat dari pohon sampai buah kelapa menurut masyarakat di Bali??
Jika iya, yuk kita simak bersama,

Buah kelapa memang menyegarkan
Buah kelapa memang sangat menyegarkan dan menyehatkan bila airnya di campur dengan sedikit kunyit berfungsi untuk mengobati penyakit dalam.


Berikut beberapa penjelasan tentang manfaat pohon sampai buah kelapa buat orang Bali.
Seperti yang kita ketahui, agama Hindu di Bali memang berbeda dengan agama Hindu di India atau di belahan dunia lainnya, khususnya Agama Hindu di Bali memiliki konsep yang berbeda dengan Agama Hindu yang lain, yaitu Yadnya yang artinya adalah persembahan kehadapan tuhan "ida sang hyang Widhi Wasa" nah.. di dalam Yadnya ini begitu banyak menggunakan daun kelapa, misal nya dalam pembuatan canang sari, sampian, tipat, wakul, Banten suci (sesajen) dan masih banyak lagi semua itu terbuat dari daun kelapa yang masih muda yang di sebut busung dalam bahasa Bali.

Banten upakara Bali
Salah satu Banten atau alat upakara di Bali yang terbuat dari janur atau daun kelapa muda.

Belakangan ini busung/janur, juga di pakai untuk dekorasi pernikahan oleh orang-orang yang kreatif dan inovatif di Bali, salah satu contohnya seperti hiasan di depan pintu masuk perumahan orang menikah di Bali, dan bahkan mungkin di era modern ini masyarakat Bali, kembali menggunakan bahan yang alami. Tidak hanya itu saja, busung/janur juga di pakai kerajinan tangan seperti:
- Capil (topi untuk petani di Bali)
- kisa (tas yang di pakai untuk membawa ayam untuk sabung ayam)
- dan lainnya masih banyak lagi.

Dekorasi pernikahan yang terbuat dari daun kelapa
Dekorasi pernikahan yang terbuat dari daun ke kelapa yang unik di Bali.

Tidak hanya itu saja, busung/janur juga di suplai ke industri atau perusahaan seperti hotel-hotel, restoran dan tempat wisata yang lain sebagai hiasan dan dekorasi.

Manfaat pohon kelapa di Bali.
Di bali, pohon kelapa sangat di butuhkan untuk membuat bangunan rumah adat di Bali seperti bale dangin dan bale daje (sistem rumah adat di Bali menurut Asta kosala kosali) harus memiliki
- bale daje yang artinya sebagai hulu/kepala di dalam satu pekarangan rumah.
- bale dangin yang berfungsi sebagai tempat untuk pertemuan keluarga, selain itu bale dangin di gunakan untuk upacara adat dan keagamaan seperti manusia Yadnya.

Bale dangin rumah adat Bali
Salah satu contoh bangunan bale dangin (rumah adat di Bali).

Di dalam bangunan bale daje dan bale dangin, kayunya menggunakan kayu seseh "pohon kelapa" dan kayu nangka, yang di kenal oleh masyarakat di Bali dengan sebutan kayu tewel.
Di samping itu, masih banyak lagi manfaat pohon kelapa byang lain  seperti di jadikan bahan kerajinan tangan.


Nama-nama buah kelapa dari masih bunganya dan manfaatnya bagi masyarakat Bali. 

Manfaat buah kelapa
Buah kelapa bermanfaat untuk berbagai keperluan bagi masyarakat Bali.


Buah kelapa memang sangat berkaitan dengan agama Hindu di Bali, dari buah nya masih kecil hingga buahnya matang dan menumbuhkan tunas, sangat bermanfaat dan penting bagi umat Hindu di Bali, yaitu sebagai sarana upakara Yadnya,
Berikut ini nama buah kelapa dari masih kecil hingga buahnya matang beserta kegunaannya:

1. Ketoktok,
Ketoktok adalah bunga kelapa, ketoktok ini bisa di pakai untuk membuat lawar (makanan khas Bali).

2. Bungsil,
Bungsil adalah buah pertama setelah kelapa berbunga.

3. Klungah,
Klungah adalah buah kelapa setelah bungsil, yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk upacara keagamaan, salah satu contohnya adalah, jika kita minum air klungah kelapa gading/ buah kelapa gading yang masih kecil ketika masih hamil maka ketika anda melahirkan anak anda akan bersih khususnya buat ibu-ibu yang sedang hamil. Di samping itu juga, bermanfaat untuk menyehatkan tubuh anda, khususnya anda perokok
klungah juga berfungsi sebagai pelengkap upacara keagamaan di Bali.

4. Kuwud,
Nah... Buah kelapa yang satu ini merupakan buah kelapa yang masih muda dan, menjadi favorit ketika cuaca panas, sangat nikmat sekali.

5. Nyuh.
Nyuh adalah buah kelapa yang sudah matang, nyuh ini begitu banyak manfaatnya, bagi masyarakat Bali, mulai dari membuat lawar (makanan khas Bali), sate lilit, dan juga kue, dan uyan lain masih banyak lagi,
Namun untuk upacara keagamaan nyuh juga di pakai untuk membuat daksina, dan pelengkap upacara keagamaan yang lain, dan juga bisa di pakai untuk membuat minyak goreng kelapa.

6. Sambuk,
Sambuk adalah sabut kelapa, sabut kelapa juga memiliki manfaat untuk upacara keagamaan di Bali, contohnya di pakai untuk membuat api takepan, di samping itu juga sabut kelapa juga memiliki manfaat untuk kerajinan tangan seperti keset kaki yang suplai ke industri perhotelan atau lainnya.

Demikianlah sekilas tentang manfaat dari kelapa untuk masyarakat Bali, semoga artikel ini bermanfaat buat anda semua dan terima kasih atas kunjungan Anda salam dari saya.

0 Response to "Manfaat dari pohon dan daun kelapa di Bali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel