Arak Bali adalah minuman beralkohol tradisional Bali

Arak Bali adalah minuman beralkohol tradisional Bali
Arak Bali adalah minuman beralkohol tradisional Bali yang masih populer di era modern ini, 
Wija Negara - Arak merupakan salah satu minuman warisan tradisi di Bali yang mengandung alkohol cukup tinggi, kadar alkoholnya lebih tinggi dari minuman beralkohol sejenis bir, namun tidak ada bisa memastikan seberapa tinggi kadar alkohol yang sebenarnya, yang jelas lebih tinggi dari bir.

Masyarakat Bali sudah sangat akrab dengan minuman beralkohol sejenis ini terutama yang masih muda atau yang memiliki upacara adat keagamaan "upacara adat kemanusiaan" seperti upacara pernikahan, upacara tiga bulanan arak kerap kali di dan lainnya yang berkaitan dengan upacara adat kemanusiaan, dan bahkan di nikmati di hari-hari biasa, arak dan bahkan sampai saat ini masih masyarakat Bali khususnya pemuda di Bali masih menggemarinya, terlebih belakang ini terdengar kabar dari salah satu dari instansi pemerintah daerah Bali yang akan melegalkan peredaran arak di Bali dengan alasan bahwa di Bali arak itu sangat penting, di samping untuk menjaga kelestarian minuman tradisional Bali, arak juga sangat di butuhkan untuk keperluan upacara keagamaan, seperti metetabuhan (salah satu ritual keagamaan yang menggunakan arak dan berem dari air tape).

Di era sebelumnya arak memang di ilegalkan keberadaan dan peredarannya, karena di anggap sangat berbahaya untuk keselamatan yang mengkonsumsinya, karena jika di konsumsi secara berlebihan, akan beraikber sangat buruk, karena efek samping dari mengkonsumsi arak berlebihan akan menyebabkan mabuk dan cenderung akan membuat konsentrasi yang mengkonsumsi terganggu dan sudah di pastikan akan menambah angka kecelakaan di bali, namun demikian arak Bali masih tetap eksis keberadaannya hingga saat ini. Bahkan sampai ke restoran-restoran yang ada di Bali ikut menjual arak Bali yang di jadikan minuman cocktail/campuran minuman yang mengandung alkohol yang di sajikan di restoran, namun Arak di sajikan sebagai local cocktail.

Proses pembuatan arak Bali
Proses pembuatan arak Bali secara tradisional dengan menggunakan metode penyulingan.

Arak Bali di buat secara tradisional dengan menggunakan metode penyulingan dan bahkan dasarnya adalah air tuak di suling dengan alat yang sangat sederhana dan tradisional yaitu air tuak yang berasal dari pohon lontar di rebus di atas tungku selama kurang lebih lima jam, kemudian air uap nya di salurkan kedalam pipa yang terbuat dari bambu yang di sambungkan ke dalam jrigen penampungan hasil penyulingan inilah menjadi arak, yang kemudian di ekspor ke warung-warung, restoran dan bahkan kabarnya di juga di ekspor ke luar negeri.

Arak Bali di produksi di dusun merita, desa merita, kecamatan abang, kabupaten karangasem, Bali. Hampir semua masyarakat desa merita mengandaikan mata pencaharian sebagai produsen minuman beralkohol (arak) ini. Pembuatan arak sangat erat kaitannya dengan kepercayaan masyarakat setempat yang meyakini adanya dewa bagus Arak api
Yang berstana di daerahnya, sehingga tradisi pembuatan arak di daerah tersebut sangat sulit untuk di hilangkan.
Dengan keyakinan itulah masymasyat dusun merita tetap menjaga tradisi leluhur dengan memproduksi arak, di samping itu juga dengan alasan ekonomi.

Ada beberapa jenis cocktail/campuran minuman beralkohol yang bahan dasarnya adalah Arak sebagai berikut,
1. Arak mojito,
2. Arak attack,
3. Arak orange
4. Arak coke,
5. Blue eyes
Dan masih banyak lagi.
Arak mojito
Arak mojito salah satu campuran minuman beralkohol yang berbahan dasar dari arak.


semua jenis cocktail/campuran minuman beralkohol tersebut bahan dasarnya adalah Arak Bali, dan semuanya anda bisa dapatkan di restoran-restoran yang ada di Bali yang khusus menjual cocktail, dan bahkan di warung-warung minum lokal lainnya juga menyediakan berbagai macam jenis minuman beralkohol yang berbahan dasar arak atau arak biasa.

Khusus Arak api, yang memiliki tingkat kualitas rasa yang lebih tinggi daripada arak yang lainnya, Arak api adalah Arak kelas nomor satu diantara yang lain, sehingga memiliki harga jual yang sangat tinggi.  Harga jual arak api perbotol mencapai ratusan ribu, berbeda dengan harga Arak Bali yang biasa, Arak Bali yang biasa harga masih di level puluhan ribu rupiah,

Arak adalah minum tradisional yang di wariskan kepada kita, dan kita di minta untuk melestarikannya, dan sesungguhnya tidak ada yang salah dengan Arak Bali ini, cuma cara kita mengkonsumsi saja harus bijak, supaya tidak mencelakakan, dan apapun di konsumsi secara berlebihan akan menyebabkan kita mabuk. Demikianlah sekilas tentang  Arak/minuman beralkohol tradisional yang ada di Bali semoga artikel ini membuka fikiran-fikiran kita tentang arak dan sebagai masyarakat Bali, saya secara pribadi sangat bangga dengan kekayaan tradisi yang ada di Bali. Salam.

0 Response to "Arak Bali adalah minuman beralkohol tradisional Bali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel