Tema pesta kesenian Bali tahun 2019

Tema pesta kesenian Bali tahun 2019
Bayu Pramana adalah tema pesta kesenian Bali tahun ini (2019)



Wija Negara - pesta kesenian Bali sudah semakin dekat, apakah Anda sudah tahu apa tema dari pesta kesenian Bali di tahun ini?
Pesta kesenian Bali (PKB) merupakan salah satu pementasan seni tahunan terbesar di Bali yang mana event ini di selenggarakan pada bulan Juni setiap tahunnya. Adapun peserta festival seni tahunan ini di ikuti oleh lapisan masyarakat Bali yang di wakili oleh setiap kabupaten di Bali, yakni, kabupaten Gianyar, kabupaten Klungkung, kabupaten Karangasem, kabupaten Bangli, kabupaten Buleleng, kabupaten Negara, kabupaten Tabanan, kabupaten Badung, dan terakhir kota madya yaitu Denpasar Bali. Dan tidak jarang juga peserta luar Bali ikut berpartisipasi dalam event ini, seperti kabupaten jawa timur, Lombok dan bahkan luar negeri seperti Jepang dan Korea Selatan, dan masih banyak lagi. Masing-masing peserta festival seni di Bali di perbolehkan menunjukkan kreatifitas seni nya, namun harus sesuai dengan tema yang di angkat oleh panitia PKB.

Tema pesta kesenian Bali tahun 2019

Setiap tahunnya event terbesar di Bali ini mengambil tema yang berbeda-beda salah satu contohnya misalnya tahun 2018, pesta kesenian Bali mengangkat tema yaitu.
Teja dharmaning Kahuripan, api spirit pencipta. Yang mana dalam tema Teja dharmaning kahurKahu, api spirit pencipta ini memiliki dua makna yaitu sekala dan Niskala,
Sekala, di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sangat tergantungan dengan api, seperti api yang di gunakan untuk memasak, maupun api dalam konteks energi sumber listrik, Dan lainnya.
Niskala, api di maknai sebagai energi yang harus di kendalikan, jika tidak, maka akan menjadi penyebab kemarahan atau emosional yang berlebihan di dalam diri manusia, namun sebaiknya jika dapat di kendalikan dengan menghidupkan cakra di dalam diri, maka bisa menimbulkan kekuatan kepada manusia dan tentunya bermanfaat bagi manusia.

Tema pesta kesenian Bali tahun 2019

Tema Teja dharmaning Kahuripan, api spirit pencipta ini di aplikasikan ke dalam seni oleh para peserta festival seni dalam pesta kesenian Bali tahun lalu yaitu tahun 2018, dan sukses sangat sukses memukau penonton yang hadir dalam festival seni tersebut.

Namun demikian, di tahun ini ( 2019 ) panitia pesta kesenian Bali akan mengangkat tema Bayupramana yang mana Bayupramana ini berasal dari kata Bayu dan Pramana,
Bayu adalah angin sedangkan Pramana adalah kekuatan, makna tersebut di aplikasikan menjadi sebuah tema, dan elemen angin dapat di jadikan sebuah karya seni, dengan demikian Bayupramana dapat di artikan sebagai daya nafas kehidupan atau energi yang paling vital di dalam kehidupan, yang menghidupi dan menguasai segala sesuatu.

Tema pesta kesenian Bali tahun 2019

Pembukaan Pesta kesenian Bali tahun ini akan di selenggarakan pada tanggal 15 Juni 2019, di depan monumen bajra sandi Renon Denpasar, mulai pukul 14.00 sampai selesai, namun demikian festival seni lainnya, serangkaian pesta kesenian Bali ke 41, akan di selenggarakan di Taman werdhi Budaya Art Center, jalan Nusa indah No.1 panjer, Denpasar - Dinas provinsi Bali selama satu bulan penuh.

Untuk informasi jadwal dan waktu festival akan di pajang di depan pintu masuk festival seni tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda khususnya pecinta seni, terima kasih.


1 Response to "Tema pesta kesenian Bali tahun 2019"

  1. Took me time to read all the comments, but I really enjoyed the article. It proved to be Very helpful to me and I am sure to all the commenters here! It’s always nice when you can not only be informed, but also entertained! http://pestadomino.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel