Semoga Ibu Pertiwi Melindungi Kita Semua

Semoga Ibu Pertiwi Melindungi Kita Semua

Ruang dari sudut terbentuknya ada dua, yakni: (1) ruang adalah kosong menurut versi Timur dan (2) versi Barat menyatakan ruang terbentuk dari batas-batas. Contoh pada rumah tradisional Bali yang disebut natah dapat dijadikan representasi dari ruang. Orang timur “Bali” menyebut ruang itu adalah natah “kosong”, sedangkan cara pandang Barat memandang ruang atau natah tersebut terbentuk karena adanya. Natah menjadi wujud fisik keruangan yang secara filosofi menjadi tempat pertemuan bapa akasa - ibu pertiwi ‘unsur langit - bumi, atau purusha - pradhana ‘unsur maskulin - feminin’. Natah berfungsi sebagai wadah sebuah kehidupan baru dimulai dan berakhir nantinya.

Jatidiri tata ruang Bali terbentuk melalui sinergis unsur alam, manusia, dan budaya Bali yang dijiwai agama Hindu. Jatidiri tata ruang Bali yang bersifat khas merupakan refleksi dari karakteristik religius, estesis, harmoni, dan dinamik bertumpu pada adagium Bhinneka Tunggal Ika, desa-kala-patra, dan keserasian Bhuana agung dan Bhuana Alit. Secara esensial, jatidiri tata ruang Bali merupakan kristalisasi dari karekteristik dasar yang bersifat ekspresif, religius, dan dinamis dengan muatan taksu. Jatidiri tersebut ke ‘dalam’ merupakan identifikasi diri dan kolektiva kehidupan pada dimensi mikro, meso, dan makro, serta ke ‘luar’ merupakan bangunan citra dalam komunikasi lintas etnik dan lintas budaya.

Doa untuk Ibu Pertiwi

Wahai Ibu Pertiwi kami yang hadir di antara kami semua. Kesucian-Mu hadir di dunia kami di sini. Kami merasakan kehadiran-Mu begitu dekat di bumi, yang merupakan surga hidup kami. Berkatilah orang-orang yang Engkau pilih untuk membawa bangsa ini lebih baik dan menerima kemanusiaan kami sebagaimana kami menerima sesama kami tanpa adanya batasan. Bimbinglah kami menuju ketidakterikatan dan perkuatlah kami menuju kebebasan dari Virus Corona.
Ibu Pertiwi, kami semua adalah anak-anakmu, dan begitu juga kami masih memiliki kesalahan dan kekurangan, setiap kali kami pulang ke rumah, engkau selalu siap membuka dekapan untuk memeluk kami. Untuk kami: udara ini, api ini, air ini, bumi ini, untuk selama-lamanya"

Semoga musibah virus corona cepat berlalu
Yang positif virus corona cepat sembuh
Tetap optimistis Tim medis semangat dan jaga kesehatan
Dan kita semua tetap tenang Waspada Jaga kesehatan dan tetap bahagia..

Dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang, meyakini bahwa Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah (Provinsi, Kabupaten/Kota), segenap unsur TNI, Polri dan instansi-instansi lainnya sedang bekerjasama, sedang bergotong royong melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus Covid19.

Salam Rahayu🙏🙏🙏

0 Response to "Semoga Ibu Pertiwi Melindungi Kita Semua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel