Covid19 akan mengajarkan kita tiga hal penting ketika wabah covid19 ini berlalu

Covid19
Covid19 akan mengajarkan kita tiga hal penting ketika wabah covid19 ini berlalu.

Wija Negara -
wabah covid19 ini menghantam roda perekonomian di atau China saja, yang mana wabah covid19 ini muncul pertama kali di kota Wuhan China, namun wabah covid19 ini menghantam roda perekonomian dunia bahkan sampai ke Indonesia dan khususnya di Bali, yang mana perekonomian Bali merupakan sebagian besar dari pariwisata, sudah jelas Bali sangat merasakan dampak dari covid19 ini.

Sebelum dunia terpapar covid19, Bali sangat terkenal dengan sebutan pulau surga, tourist dari berbagai belahan dunia mengunjungi Bali, dari tahun ke tahun Bali tidak pernah sepi dari pengunjung khususnya tourist mancanegara atau domestik, disini sangat jelas perputaran uang lancar, investor asing terus menerus berdatangan ingin menginvestasikan uang mereka di Bali, pembangunan villa, hotel dan restoran terus berkembang.

Bali yang dahulunya dikenal dengan keramahan penduduknya, dan kini semakin hari semakin berubah, tanpa di sadari mulai mementingkan diri sendiri, mulai melupakan keberadaan tuhan, dan tidak ada lagi toleransi terhadap saudaranya, dan yang paling parah adalah tidak sedikit orang yang berpura-pura kaya hanya demi seratus sosial, biar di segani orang lain, tidak memikirkan masa depan mereka hanya memikirkan hari ini saja, kata-katapun sudah mulai angkuh atas pencapaiannya, tidak ada kata syukur.

Kebersamaan dan persaudaraan itu sudah terkikis keegoisan dan yang tersisa hanyalah kata-kata, seringkali terdengar dengan kata-kata ajeg Bali namun hanya sebatas wacana, tidak ada aksi nyata untuk mengajegkan Bali yang semestinya, diskriminasi sosial terjadi dimana-mana, yang kaya bergaul dengan yang kaya, yang miskin mulai terasingkan.

Namun tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, seperti sekarang ini, tiba-tiba virus Corona/covid19 menghancurkan perekonomian dunia, semua orang sangat kesulitan, dan bahkan ada beberapa negara di dunia menutup akses keluar masuk negaranya, demikian pula di Bali, tidak ada yang di perbolehkan keluar masuk dengan leluasa seperti sebelum wabah covid19 ini, demi pemutusan rantai penyebaran virus Corona/covid19.

• Secara ekonomi, jelas sangat besar dampaknya, semua usaha macet tidak ada aktivitas jual beli lagi, semua karyawan perusahaan di rumahkan sementara, dengan demikian, maka masyarakat akan menjadi pengangguran massal, sementara kebutuhan sehari-hari harus terpenuhi.

• secara kesehatan sangat terdampak,  yang terjangkit virus Corona/covid19 ada yang sudah meninggal dan yang positif kena virus, berpotensi akan menyebarkan ke orang lain baik itu suami, istri, saudara kerabat yang dekat dengan korban, bila tidak di tangani langsung. Atau mencegah sebelum terinfeksi virus.

Tiga pelajaran penting yang akan kita dapatkan ketika covid19 ini berlalu yaitu:

• covid19 mengajarkan kita untuk selalu hidup bersih, karena kebersihan merupakan sumber utama untuk mencegah terinfeksi virus, baik itu covid19, kuman dan bakteri yang jelas akan mengganggu kesehatan tubuh kita.
• covid19 mengajarkan kita untuk selalu menyisihkan sebagian penghasilan kita, ketika kita mendapatkan hasil kerja maupun hasil jualan jika kita pedagang, (karena ketika kita di timpa musibah seperti ini, seperti ini setidaknya ada untuk kita bertahan hidup.
"berhentilah berpura-pura kaya" tidak ada gunanya menjadi orang pura-pura kaya, karena ketika kita tertimpa bencana pasti akan keluar keadaan yang sebenarnya bahwa sebagian besar jiwa miskin, dan sedikit" mengandalkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan kita.

• covid19 mengajarkan kita untuk selalu berdoa meminta perlindungan kepada Tuhan yang kuasa ( Ida Sanghyang Widhi Wasa ) karena sehebat apapun diri kita, baik itu mempunyai peran penting dalam sebuah perusahaan, pejabat daerah pejabat negara sekalipun, ketika tuhan mengkhendaki bencana maka terjadilah bencana, sebab bagi tuhan  semua manusia itu sama, tidak ada perbedaan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua sebagai bahan renungan dan yang terpenting semoga wabah covid19 ini cepat berlalu sehingga kita dapat beraktivitas seperti biasa lagi terima kasih.

0 Response to "Covid19 akan mengajarkan kita tiga hal penting ketika wabah covid19 ini berlalu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel