Cara Cerdas Kelola Finansial Dengan Gaji Kecil

Cara Cerdas Kelola Finansial Dengan Gaji Kecil

Mengelola keuangan dengan jumlah gaji yang kecil memang bukan suatu hal mudah. Para pemilik gaji kecil banyak yang mengeluh jika uangnya sudah habis sebelum akhir bulan tiba. Sebenarnya, gaji yang kecil itu cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan bulanan lho. Hanya saja, cara mengelola yang salah membuat sejumlah orang kehabisan uang ketika masih tengah bulan. Jika Anda ingin semua kebutuhan terpenuhi dengan baik maka harus mengetahui bagaimana cara tepat dalam mengatur keuangan.

Hemat pangkal kaya itu memang benar adanya, ketika Anda hemat dan mampu menyisihkan uang sebagai tabungan maka seiring berjalannya waktu Anda akan memiliki dana simpanan. Sebenarnya, gaji kecil akan selalu cukup ketika Anda mengutamakan kebutuhan daripada keinginan. Memang, keduanya perlu dipenuhi tapi jangan memprioritaskan keinginan jika Anda ingin mendapatkan tabungan yang banyak terlebih jumlah gaji yang minim.

Maka dari itu, untuk menstabilkan kondisi finansial Anda, berikut kami ulas cara cerdas dalam mengelola finansial dengan gaji kecil…

Rajin Menghitung

Anda harus rajin menghitung pengeluaran dan pemasukan Anda. Hitung uang yang Anda dapatkan saat baru gajian. Selanjutnya kebutuhan makan, ongkos, dan sewa indekos maupun berbagai kebutuhan penting lainnya. Kalau Anda ingin membeli jajan, maka Anda juga harus mencatatnya, meskipun hanya seribu perak. Cara ini akan memudahkan Anda dalam mengelola jumlah gaji yang sedikit.

Usahakan untuk memiliki tabungan

Jangan hanya berfikir jika uang Anda selalu habis untuk bayar ini dan itu. Meskipun sisa uang hanya sedikit setelah dipakai untuk keperluan sehari-hari, usahakan untuk menabung. Meskipun hanya seratus ribu per bulan, tidak jadi masalah karena, yang terpenting Anda bisa menabung rutin sehingga bisa mendapatkan kekayaan di kemudian hari.

Jangan lupakan dana darurat 

Anda pasti tidak tahu apa saja yang akan terjadi di kemudian hari. Mungkin, agak sulit mengalokasikan sebagian uang Anda untuk dana darurat. Meskipun ada BPJS dan asuransi lainnya, sebaiknya Anda tetap menyisihkan uang jaga-jaga setiap bulan. 

Itulah 3 cara cerdas yang bisa Anda lakukan dalam mengelola finansial dengan jumlah gaji kecil. Cara diatas memudahkan Anda dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup.

0 Response to "Cara Cerdas Kelola Finansial Dengan Gaji Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel