Tips Supaya Mahasiswa Memiliki Keuangan Yang Stabil

Tips Supaya Mahasiswa Memiliki Keuangan Yang Stabil

Mahasiswa yang berkuliah di luar kota dan jauh dari rumah tentu sering dihadapkan dalam keuangan yang terbatas. Terdapat berbagai hal yang bisa menjadi penyebab keuangan menjadi terbatas. Gaya hidup yang terlalu berlebihan serta kurang pintar dalam mengatur keuangan bisa membuat Anda berada pada posisi krisis. Sebenarnya, terdapat ilmu tersendiri dalam mengatur keuangan selama kuliah.

Supaya tidak khawatir masalah finansial Anda perlu mengetahui trik jitu dalam mengatur uang. Berikut ini adalah beberapa tips supaya mahasiswa bisa memiliki keuangan yang stabil dan jauh dari masalah krisis keuangan…

Cermat gunakan uang

Anda harus cermat dalam menggunakan uang. Penuhi semua kebutuhan dengan baik jangan mengutamakan keinginan Anda. Karena, keinginan ini bisa membuat keuangan menjadi lebih boros. Jadi, gunakan uang Anda dengan cermat supaya tidak kekurangan dalam memenuhi kebutuhan.

Punya tabungan

Buatlah tabungan pribadi tanpa mengganggu kebutuhan sehari-hari. Kalau perlu, jangan membuat kartu ATM sehingga Anda bisa pastikan uang tersebut aman dan terus bertambah. Tabungan ini bisa dipakai untuk kebutuhan mendesak seperti sakit atau tiba-tiba harus pulang.

Ikut arisan

Tidak hanya sebagai ajang kumpul-kumpul aja, ikut arisan juga membantu Anda dalam menyisihkan uang. Mengikut program arisan selama kuliah akan mendapatkan manfaat tersendiri. Jadi, sebaiknya Anda mengikuti arisan dengan nominal yang sesuai kemampuan. Misalnya ikut arisan 20 ribuan satu bulan sekali ini membuat Anda merasa enteng dan tidak terlalu terbebani.

Cari penghasilan baru

Selama kuliah, Anda bisa mencari penghasilan baru. Penghasilan ini bisa dengan melakukan pekerjaan sampingan. Carilah pekerjaan yang bisa dilakukan di sela-sela waktu belajar Anda. Tidak harus bekerja di perusahaan, Anda bisa melakukan bisnis yang memiliki peluang bagus dan bisa membantu menjaga kondisi keuangan Anda. Ketika pengeluaran Anda berlebih maka sudah seharusnya mencari penghasilan baru. Selain memudahkan Anda, ini juga akan meringankan beban orang tua.

Itulah beberapa tips mudah supaya mahasiswa bisa memiliki keuangan yang stabil. Jagalah keuangan Anda dengan baik supaya tidak amburadul dan hanya hidup dengan pemborosan. Semoga bermanfaat….

0 Response to "Tips Supaya Mahasiswa Memiliki Keuangan Yang Stabil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel